Medan, Media Surya News – Demi meningkatkan pelayanan da. Mempermudah masyarakat, PT Telkom kini menciptakan wadah baru bagi IndiHome dan Telkomsel.
“Nah, wadah itu disebut dengan nama FMC atau Fixed Mobile Convergence,” kata Sabri Rasyid, Senior Manager AVP External Communication PT Telkom Indonesia.
Hal itu ia ungkapkan kepada para wartawan dalam acara media gathering di Junction Cafe Jalan Keuskupan Agung, Medan, Kamis (13/4/2023) malam.
Ia mengatakan, upaya konvergensi IndiHome ke Telkomsel dalam wadah FMC juga bagian dari upaya Telkom merespon perkembangan pasar digital.
Baca juga: OJK Perkuat Inklusi dan Literasi Keuangan Digital UMKM Demi Penguatan Ekonomi ASEAN
“Nah, apa dan bagaimana FMC itu, yang paling paham ya bidan yang yang melahirkan FMC, termasuk Pak Ahmad Reza,” kata Sabri sambil menunjuk seorang pria berbadan tinggi dan tegap bernama Ahmad Reza.
Sebagai informasi, Ahmad Reza saat ini tercatat sebagai SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom.
Dalam paparannya, Reza mengatakan IndiHome dan Telkomsel adalah sama-sama anak usaha PT Telkom.
Ia katakan, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk dan Telkomsel telah menandatangani perjanjian pemisahan bersyarat (Conditional Spin-off Agreement/CSA) untuk mengintegrasikan IndiHome ke Telkomsel.
Baca juga: BEI Donasikan Puluhan Juta Rupiah ke Madrasah Ash-Sholihin, Ini Tujuannya
Ahmad Reza menyebut IndiHome merupakan pemain fixed broadband terbesar di Indonesia yang dimiliki 100 persen oleh Telkom.
Ia mengatakan, pemisahan usaha dan integrasi ini sejalan dengan inisiatif FMC.
Adapun penandatanganan perjanjian ini merupakan bagian penting dalam mengimplementasikan strategi Telkom Group.
Terutama, kata dia, untuk menyediakan variasi layanan broadband terbaik, memperkuat bisnis, dan mewujudkan inklusi digital di Indonesia.
Baca juga :Ditinjau Ombudsman Sumut, Begini Sekarang Nasib Pelabuhan Kuala Tanjung
Ia memastikan kalau transaksi ini mendapat dukungan dari Telkom dan Singtel sebagai pemegang saham Telkomsel.
Kemudian, kata dia, integrasi ini juga sejalan dengan strategi Singtel untuk terus mengembangkan bisnis dan memperkuat komitmennya di Indonesia.
Reza merinci, IndiHome memimpin 75,2 persen pangsa pasar di Indonesia dan menjadi salah satu pasar fixed broadband dengan pertumbuhan tercepat di dunia.
Baca juga : OJK Luar Biasa! Gelar Roadshow Simolek Hingga ke Nias Barat
“Pertumbuhan IndiHome dengan tingkat penetrasi sekitar 14 persen dibandingkan dengan 40 persen di seluruh Asia Tenggara,” tegas Ahmad Reza. (rik)