Sumut, Mediasurya.id – Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) 2024, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanjung Morawa menyerahkan tangan palsu kepada M. Zaki, karyawan PT Agri Sinar Kencana, yang mengalami cacat akibat kecelakaan kerja di Deli Serdang, Sumatera Utara.

Penyerahan tangan palsu ini merupakan bagian dari program “Return To Work” BPJS Ketenagakerjaan. Program ini mendukung pekerja yang mengalami kecelakaan kerja dengan memberikan alat bantu tubuh agar mereka dapat kembali bekerja. Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbagut, Henky Rhosidien, menjelaskan bahwa program ini membantu pekerja dalam masa penyembuhan dan memfasilitasi mereka untuk kembali produktif.

“Program Return to Work adalah bentuk perluasan manfaat dari Jaminan Kecelakaan Kerja, yang memfasilitasi pekerja dan perusahaan untuk menjaga mata pencaharian serta produktivitas,” kata Henky.

Wakil Kepala Wilayah Kepesertaan Sanco Simanullang menambahkan, program ini mencegah kemiskinan baru dengan memastikan pekerja yang mengalami cacat anatomis tetap dapat menghidupi keluarganya. Ia juga mengingatkan agar perusahaan memastikan terdaftar dan tertib membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Zaki, yang terharu, mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan tersebut. “Saya bersyukur dengan adanya program Return to Work ini. Kami sangat terbantu, dan saya masih bisa bekerja serta menafkahi keluarga saya,” ungkap Zaki.

PT Agri Sinar Kencana juga menyampaikan terima kasih atas layanan memuaskan dari BPJS Ketenagakerjaan. Zaki mengalami kecelakaan saat membersihkan mesin airlock yang tersumbat, yang mengakibatkan tangan kanannya terjepit dan diamputasi.

Pada 4 September 2024, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanjung Morawa mengadakan acara Harpelnas yang dimulai dengan sambutan dari Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Andi Widya Leksana dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Deliserdang Budi Iswan Sinaga. Acara dilanjutkan dengan diskusi interaktif dan games.

Andi Widya Leksana menegaskan komitmen BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan pelayanan terbaik. “Kami merayakan Harpelnas sebagai bentuk apresiasi kepada peserta dan berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan melalui fitur-fitur baru dalam aplikasi JMO,” ujarnya.

Dengan tema “Tulus Melayani Sebarkan Inspirasi,” BPJS Ketenagakerjaan berharap dapat lebih memudahkan pelayanan kepada peserta dan meningkatkan kesejahteraan pekerja di masa depan. (Kyy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *