Medan, Media Surya News – Dibangun dengan biaya besar tak membuat Pelabuhan Kuala Tanjung yang berada di Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), menjadi mentereng kualitas dan kinerja pelayanannya.

Fakta miris ini terungkap saat Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar, melakukan kunjungan ke pelabuhan tersebut, Selasa (11/4/2023).

Abyadi Siregar datang bersama tim Ombudsman RI Perwakilan Sumut seperti James Panggabean dan Wulandari Ayu Andira.

Ia mengaku prihatin dengan kondisi Pelabuhan Kuala Tanjung tersebut. Pasalnya, penyelenggaraan layanan kepelabuhanan di pelabuhan tersebut masih sangat sepi.

Baca juga :OJK Perkuat Inklusi dan Literasi Keuangan Digital UMKM Demi Penguatan Ekonomi ASEAN

Padahal, kata dia, Pelabuhan Kuala Tanjung tersebut dibangun dengan biaya yang sangat besar.

“Tapi faktanya, layanan di pelabuhan itu sepi. Sepertinya, sia-sia besarnya investasi yang kerahkan untuk pembangunan pelabuhan itu,” kata Abyadi Siregar.

Abyadi Siregar dan tim yang didampingi Kepala Kantor Bea Cukai (BC) Kuala Tanjung Horas Mardapot Baja Sinaga itu langsung menuju dermaga atau terminal Kuala Tanjung Multipurpose Terminal (KTMT).

Posisi Terminal KTMT ini langsung menghadap ke Selat Malaka, yang merupakan jalur pelayaran utama yang dikenal sebagai salah satu jalur lalu lintas pelayaran tersibuk di dunia.

Baca juga : BEI Donasikan Puluhan Juta Rupiah ke Madrasah Ash-Sholihin, Ini Tujuannya

Dermaga KTMT sendiri, diketahui milik PT Prima Multi Terminal (PMT), sebuah perusahaan operator terminal yang diketahui sebagai anak usaha patungan PT Pelabuhan Indonesia- Pelindo (Persero), PT Pembangunan Perumahan (Persero) dan PT Waskita Karya (Persero).

Sayangnya, ketika ditinjau langsung Tim Ombudsman RI Perwakilan Sumut, dermaga KTMT tersebut tampak sangat sepi.

Tidak terlihat ada aktivitas bongkar muat. Tiga unit crane, terlihat hanya menganggur.

Bahkan, crane yang merupakan alat canggih untuk bongkar muat itu, masih terlihat baru yang menggambarkan jarang digunakan.

Baca juga : Ini Faktor-faktor yang Berpengaruh ke Harga Saham

Sepanjang bibir dermaga yang sangat panjang menjulur ke tengah laut itu, terlihat hanya beberapa unit kapal yang sandar.

Namun, tidak terlihat ada aktivitas bongkar muat peti kemas dari kapan tersebut. Di kawasan dermaga, juga tidak terlihat ada tumpukan peti kemas.

Menurut Abyadi Siregar, berdasarkan keterangan dari pihak BC Kuala Tanjung, jumlah kapal yang sandar dan bongkar muat dari Terminal KTMT tersebut memang masih sangat sedikit.

Kapal pengangkut container hanya satu kali dalam satu minggu. Itu pun lokal. Belum ada kapal dari luar negeri.

Baca jiga : Terkait Pinjol Ilegal, OJK Minta Ini ke Masyarakat Rantau Prapat

Abyadi Siregar menilai, kalau aktivitas pelabuhan tersebut ternyata sepi, itu menggambarkan proyek rasasa pembangunan pelabuhan berbiaya sangat besar itu menjadi gagal atau sia-sia.

“Kalau capaiannya hanya sepi seperti ini, itu artinya menurut saya gagal,” kata mantan jurnalis Harian Medan Pos dan Harian Medan Bisnis ini.

Ia menilai target untuk menjadikan Pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan internasional berkelas dunia, tidak tercapai.

Ia merasa percuma uang besar digelontorkan untuk membangun pelabuhan itu kalau ternyata tidak memberi dampak ekonomis yang tinggi bagi negara, khususnya bagi Sumut.

Baca juga : Pintor Nasution: “Jangan Panik Kalau Harga Saham Turun, Lakukan Ini!”

Karena itulah, Abyadi Siregar menilai, pemerintah khususnya melalui PT Pelindo, sebagai pemilik PT PMT selaku pengelola KTMT tersebut, perlu memberi penjelasan kenapa kondisi seperti ini terjadi.

“Apakah ini akibat manajemen perusahaan pengelola yang kurang baik? Atau justru akibat infrastruktur atau sarana prasarana pendukung yang belum memadai?” kata Abyadi dengan nada bertanya.

Abyadi Siregar sendiri memang mendengar bahwa masih terdapat beberapa sarana pendukung lain yang belum ada untuk sebuah pelabuhan berkelas dunia.

Baca juga : OJK Luar Biasa! Gelar Roadshow Simolek Hingga ke Nias Barat

Seperti belum adanya pergudangan logistik, infrastruktur jalan menuju pelabuhan yang masih belum mendukung sebagai sebuah pelabuhan berkelas internasional.(rik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *