MEDAN – Sektor jasa keuangan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), terutama sampai data pada bulan Agustus 2023, dinilai tetap terjaga stabil oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan OJK Kantor Regional (KR) 5 Sumatera bagian Utara (Sumbagut).

“Sektor jasa keuangan di Sumatera Utara sampai data Agustus tercatat tetap terjaga stabil dengan permodalan yang kuat dan likuiditas yang memadai,’ kata Bambang Mukti Riyadi, Kepala OJK KR 5 Sumbagut, kepada para wartawan di Medan, kemarin.

Ia menambahkan, hal tersebut juga ditopang oleh kinerja intermediasi yang baik di tengah masih tingginya ketidakpastian pada perekonomian dan pasar keuangan global.

Baca juga :OJK Sumbagut, Jaga Stabilitas Sistem Keuangan, dan Dorong Investasi

Dia lalu membeberkan bahwa pada triwulan II 2023, perekonomian Sumut terpantau bertumbuh sebesar 5,19 persen yoy (meningkat dibandingkan triwulan 1 2023: 4,87 persen yoy).

Hal ini, kata dia, terutama ditopang oleh perbaikan permintaan domestik dan konsumsi pemerintah yang mulai melanjutkan berbagai proyek infrastruktur daerah dan proyek strategis nasional.

“Namun demikian, terdapat beberapa potensi risiko yang perlu diwaspadai karena dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara,” kata pria yang akrab disapa BMR ini.

Baca juga : OJK Regional 5 Sumbagut Rilis Pengaduan Perbankan Hingga September 2023

Seperti, sambungnya, tertahannya permintaan ekspor dan koreksi harga komoditas unggulan Sumatera Utara dampak perlambatan ekonomi global, pengetatan kebijakan moneter negara maju.

Kata dia, hal itu semua sebagai respon dari ketatnya pasar tenaga kerja, serta ketidakpastian pasar keuangan global yang merambat pada perekonomian domestik.(rik)

One thought on “OJK KR 5 Sumbagut Nilai Sektor Jasa Keuangan Sumut Stabil”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *