MEDAN – Hujan deras yang turun pada hari Senin Tanggal 18 September 2023 menyebabkan banjir di beberapa bagian wilayah Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara. Salah satunya di daerah Perumahan Diamont Resort, Jalan Bunga Sedap Malam IX, Sempekata, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan.

Pantauan dilapangan, banjir di lokasi tepatnya belakang Metreologi itu menimbulkan genangan air setinggi 40 hingga 50 cm.

Salah satu warga yang namanya enggan disebutkan, mengaku bosan dengan situasi tersebut. Pasalnya, setiap kali Hujan Deras turun, Banjir pun sekita terjadi.

“Sudah takut kali kami kalau banjir, macem dihantui kami dengan hujan deras ini,” ujar warga itu.

Kami berharap, Bapak Walikota Medan meninjau lokasi jalan Sedap Malam IX ini. “Kami sangat mengingini daerah kami ini terbebas dari banjir,” tutupnya.

Sebelumnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar waspada kemungkinan terjadinya banjir dan longsor dampak dari hujan lebat yang terjadi di sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut). Hal tersebut disampaikan Prakirawan BBMKG Wilayah 1 Medan, Lestari Irene Purba, Senin (18/9/2023).

Ia mengatakan, sebagian wilayah Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan yang dapat disertai petir dan angin kencang pada Senin sore dan malam hari. Kondisi tersebut berpeluang terjadi di kawasan Pantai Barat, Pantai Timur, Lereng Timur dan pegunungan Sumatera Utara yang berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, angin kencang dan longsor.

“Atas kondisi tersebut masyarakat diingatkan agar selalu waspada terhadap potensi terjadinya banjir dan longsor akibat hujan lebat yang terjadi,” katanya.

Lebih lanjut Lestari menjelaskan secara umum cuaca di Sumut berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, serdang Bedagai, Kepulauan Nias dan sekitarnya. (Agung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *