Karo, Mediasurya.id – Kapolsek Juhar, AKP A. Nainggolan, S.H., bersama dengan anggota, kemarin Sabtu(12/10/2024), bekerja sama dengan anggota Koramil 07/JH Kecamatan Juhar melakukan serangkaian kegiatan tanggap bencana untuk menangani dampak longsor yang menghubungkan Desa Juhar Perangin-angin dengan Desa Ketawaren.

Kegiatan tersebut dimulai pukul 10.00 WIB hingga 18.00 WIB, berfokus pada pembersihan material longsor yang menghalangi akses jalan umum serta mengevakuasi warga, terutama mereka yang sakit dan penyandang disabilitas, dari Desa Ketawaren ke lokasi pengungsian sementara di SD Negeri 1 Juhar, Kecamatan Juhar.

 

Dalam hal ini juga dikerahkan tiga unit alat berat untuk menggeser material tanah dan kayu yang menutupi jalan, serta melakukan pemotongan kayu yang melintang.

“Lokasi longsor pertama yang berjarak sekitar 5 kilometer dari Desa Juhar Perangin angin berhasil dibersihkan dan sudah bisa dilalui kendaraan roda empat,” ujar AKP Nainggolan. Namun, longsor di dua titik lainnya belum dapat ditangani lantaran cuaca hujan dan waktu yang sudah sore. Pembersihan akan dilanjutkan hari ini, Minggu 13 Oktober 2024.

Dalam proses evakuasi, petugas harus menggendong masyarakat yang sakit dan anak anak dari Desa Ketawaren ke titik yang dapat diakses oleh kendaraan roda empat. Semua warga yang dievakuasi kini telah berada di lokasi pengungsian yang aman.

Kapolsek Juhar menyatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan upaya maksimal untuk menangani bencana ini dan memastikan keamanan serta keselamatan masyarakat yang terdampak. Pembersihan jalan akan dilanjutkan hingga seluruh jalur dapat kembali normal.

“Cuaca menjadi tantangan, tetapi kami akan tetap berusaha sebaik mungkin demi masyarakat,” tutup AKP A. Nainggolan, S.H.

(Apri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *