Medan,Media Surya – Buntut demo (Unjukrasa) 28 orang guru honor dan ASN SMAN 1 Namorambe pada Rabu, (25/9/2024) lalu di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Kepala Sekolah Anna Simanjuntak, SPd, MM layak dicopot karena tidak becus memimpin dan tidak memperlihatkan karakter sebagai seorang pemimpin yang baik.

 

Saat Tim investigasi DPW Ikatan Media Online (IMO-INDONESIA) Provinsi Sumatera Utara yang berkunjung ke sekolah tersebut pada Senin, (7/10/2024) menemukan dan merasakan kondisi yang mencekam sehingga proses belajar mengajar di sekolah tersebut sangat tegang.

 

Para guru tidak saling menyapa dan terkesan saling curiga, para murid pun tampak berkeliaran pada jam belajar.

 

Bahkan para siswa terlihat tidak sangat beretika karena ada siswa yang duduk dengan menselonjorkan kakinya ke atas meja.

 

Seorang guru yang sedang berada di ruang guru terlihat gelisah dan ketika ditanya awak media mengatakan para guru merasa tertekan dan tidak nyaman karena arogansi Anna Simanjuntak.

 

“Sejak beliau menjabat Kepala Sekolah suasana sekolah ini menjadi sangat mencekam karena beliau sering melontarkan ancaman pemecatan dan mutasi para guru. Beliau juga sering melontarkan kata-kata yang tidak mencerminkan karakter seorang pemimpin guru,” kata seorang guru Perempuan yang meminta namanya tidak ditulis dalam pemberitaan.

 

Dalam pengamatan mendalam awak media yang bertugas, sekolah ini memang tidak diurus dengan semestinya. Peralatan seperti lemari, kursi dan meja terlihat berantakan, terletak di sembarang tempat.

 

Dinding sekolah tampak kusan dengan cat yang sudah mulai terkelupas. Lantai sekolah tampak kusam dan berdebu.

 

Lapangan olahraga siswa sembrawut, net lapangan volyball sudah terkoyak-koyak tidak terganti. Dinding dan jendela kaca ditempeli foto copy surat Keputusan Presiden tentang disiplin PNS.

 

“Memang terkesan tidak terurus dengan baik, mungkin Kepala Sekolah sibuk mengutak-atik dana BOS dan mencari-cari kesalahan guru dan pegawai yang tidak disukainya,” kata seorang guru yang sedang nongkrong di kantin sekolah.

 

Kepala Sekolah Anna Simanjuntak dilaporkan ke Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara oleh 28 orang guru karena dinilai sejak menjabat Kepala Sekolah tidak mau menjalin komunikasi yang baik dengan guru dan pegawai.

 

Dia juga berani dan tidak segan-segan untuk memotong dana siswa miskin dari Program PIP dan tidak memberikan kartu ujian kepada siswa yang belum membayar SPP.

 

Diketahui Anna Simanjuntak sering menghina dan berkata kasar dan tidak sopan kepada siswa dan guru. Kepala Sekolah juga bertindak otoriter, semena-mena dan tidak objektif dalam memberikan penilaian dan bahkan sering menuliskan kata-kata kotor dalam penilaian SKP guru.

 

Dia juga sering meminta uang kepada guru yang mengurus SKP dan konversi angka kredit. Anna Simanjuntak juga sering menyebar berita fitnah yang merugikan guru.

 

Atas prilaku tidak terpuji itu, puluhan guru meminta agar Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara mencopot Anna Simanjuntak sebagai Kepala Sekolah SMAN 1 Namurambe karena dikuatirkan akan menimbulkan image negatif Lembaga pendidikan yang seharusnya menjunjung tinggi nilai etika dan sopan santun serta menjadi contoh yang baik bagi para guru.(Red/Tim/IMO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *