Karo, Mediasurya.id – Polres Tanah Karo menunjukkan respon cepat dalam memastikan keamanan atlet dan kelancaran kegiatan eksibisi Run Trail PON XXI yang berlangsung di kawasan Gunung Sipiso-piso, Desa Pengambatan, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Pada Jumat(13/09/2024), sekitar pukul 10.30 WIB, seorang peserta asal Sumatera Utara, Lusiana Mendrofa (18), terjatuh akibat kelelahan saat menempuh jalur berat menuju puncak gunung.

Kasat Samapta Polres Tanah Karo, AKP Jonni H. Damanik, S.H., M.H., menyatakan, pihaknya yang melaksanakan pengamanan segera melalukan proses evakuasi, memastikan seluruh peserta tetap aman selama berlangsungnya kegiatan.

“Kami bergerak cepat begitu menerima laporan bahwa salah satu peserta mengalami kelelahan. Dengan sigap, tim kami melakukan evakuasi dan mengawal korban hingga mendapatkan perawatan medis,” kata AKP Jonni H. Damanik.

Lusiana Mendrofa yang tergabung dalam kontingen asal Sumatera Utara, mengalami kelelahan setelah melintasi medan berat. Tim medis yang terdiri dari dr. Dedy Pinem dari Dinas Kesehatan dan dr. Bartolomeus Karo karo dari Puskesmas Merek segera memberi pertolongan, termasuk pemberian oksigen untuk memulihkan kondisinya.

“Setelah mendapatkan perawatan, kondisi korban membaik dan saat ini berada di Posko Eksibisi di Simpang Sipiso piso untuk pemulihan lebih lanjut,” jelas AKP Jonni.

Tim Polres Tanah Karo, terdiri yang dipimpin Kanit 1 Dalmas IPDA Mas Deapri, S.H., juga turut serta dalam pengamanan jalur, memastikan keamanan kegiatan serta barang barang peserta.

Respon cepat Polres Tanah Karo dalam menghadapi insiden ini mendapat apresiasi dari para peserta dan panitia. “Keamanan dan keselamatan peserta adalah prioritas utama kami. Kami terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan semua berjalan lancar, dan siap merespon setiap situasi darurat dengan cepat,” tegas AKP Jonni.

Kasat Samapta menambahkan bahwa Polres Tanah Karo akan terus melakukan pengawasan ketat hingga kegiatan eksibisi selesai. “Kami memastikan kegiatan ini berjalan aman, tidak hanya bagi atlet, tapi juga bagi seluruh pihak yang terlibat. Kami siap bertindak cepat dalam situasi apapun untuk menjaga kelancaran acara ini,” pungkasnya.

Kegiatan eksibisi Run Trail ini menjadi salah satu bagian penting dalam rangkaian PON XXI yang digelar di Kabupaten Karo. Dengan medan yang menantang, kegiatan ini memerlukan perhatian khusus terhadap keselamatan para atlet dan Polres Tanah Karo berkomitmen untuk memberikan pengamanan terbaik demi suksesnya acara ini. (Apri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *