Karo, Mediasurya.id – Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Ops Mantap Praja Toba 2024 digelar di Aula Purpur Sage Polres Tanah Karo pada hari Rabu, pukul 14.00 WIB. Rapat ini dihadiri oleh Forkopimda Sumatera Utara yang dilaksanakan secara virtual melalui sarana Zoom dan ikuti para pejabat Daerah Kabupatan Kota termasuk Kab. Tanah Karo.

Hadir dalam kegiatan ini Asisten I Bupati Karo Caprelius Barus S.Sos, Waka Polres Tanah Karo KOMPOL ZULHAM S.H, S.Kom, M.H, M.M, dan perwakilan dari Kodim, Kejaksaan, KPU, Bawaslu, dan para PJU serta Kapolsek jajaran.

Rapat ini dilaksanakan guna menyamakan presepsi dalam hal upaya pelaksanaan pemilukada 2024 dapat berjalan dengan aman dan lancar dengan tetap menjalin sinergitas dalam tiap tiap instansi baik unsur pelaksana, pengawas dan pengamanana.

Dalam rapat lintas sektoral ini, Kapolda Sumut Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto, menyampaikan dalam sambutannya bahwa Polda Sumut akan mengamankan Pemilukada serentak tahun 2024 melalui Ops Mantap Praja Toba 2024. Operasi ini melibatkan 12.514 personel dengan fokus pada pencegahan, sinergitas, dan penegakan hukum. Gubernur Sumut melalui perwakilannya juga menekankan pentingnya sinergi antar lembaga untuk menjaga kondusifitas pemilihan. Dan juga Pangdam I BB Mayjen TNI Mochammad Hasan, juga menyatakan kesiapan TNI membantu pengamanan dengan netralitas dan kerjasama yang kuat.

Menyikapi beberapa arahan pimpiman Daerah, Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman, S.H, S.I.K, M.M, melalui Waka Polres Kompol Zulham, melanjutkan penakanan pimpinan daerah kepada Forkopimda Karo, terkait pentingnya kerjasama lintas sektoral di wilayah Karo untuk mengantisipasi kerawanan terkait isu kedaerahan.

“Untuk bersama kita jalin sinergitas dalam pelaksanaan pemilukada 2024, dengan tujuan dapat terselenggara dengan aman dan baik”, kata Waka Polres.

Terkait pelaksanaan Pilkada di Kab. Karo, Ketua KPU Karo menambahkan bahwa pendaftaran pasangan calon akan dilakukan pada tanggal 27-29 Agustus 2024, dan tidak ada calon perseorangan.

Pihak Pemda Karo melalui perwakilannya, juga menegaskan kesiapan Linmas di desa dan kecamatan untuk mendukung pengamanan.

Rapat yang berlangsung hingga pukul 17.30 WIB ini berjalan aman dan lancar. Semua pihak berkomitmen untuk terus berkoordinasi demi kelancaran dan keamanan Pemilukada tahun 2024.

(Apri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *